Reviewer Jurnal Industri 4.0

Nama : Andini Rachma Aulia
Kelas : 4EA08

Judul
PENGOPTIMALAN COULD STORAGE-GOOGLE DRIVE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GURU SMP DAN SMA

Jurnal
Industri 4.0 dalam Pengabdian kepada Masyarakat

Volume & Halaman
Vol. 01 No. 01, Januari 2018. Hal 61 - 70

Tahun
2018

Penulis
Fiqih Ismawan, Puput Irfansyah, Dwi Dani Apriyani

Reviewer
Andini Rachma Aulia


Tujuan Penelitian
Aktifitas belajar mengajar dengan memanfaatkan TIK mampu menimbulkan minat belajar mandiri yang besar, kemudahan memperoleh informasi, meningkatkan keterampilan dan interaksi serta kualitas pembelajaran sehingga mendukung proses belajar-mengajar di sekolah. Agar peserta didik melalui guru gurunya dapat terbantu dalam berbagi materi, berdiskusi dan mengerjakan tugas kelompok dengan adanya Google Drive dan bagi guru agar dapat memberikan materi yang dapat diakses oleh peserta didik dengan mudah serta melihat siapa saja yang mengerjakan tugas dan dapat berdiskusi langsung dengan peserta didik.

Subjek Penelitian
Dalam hal ini sasaran kegiatan abdimas adalah pemanfaatan cloud storage-google drive sebagai media pembelajaran. Secara umum sasaran kegiatan abdimas ini diperuntukan bagi semua guru, staff dan karyawan SMP dan SMA Yatama As-Syafi’iyah. Secara khusus sasaran kegiatan abdimas ini adalah semua guru mata pelajaran di SMP dan SMA Yatama As-Syafi’iyah.

Metode Penelitian
 Aktifitas belajar mengajar dengan memanfaatkan TIK mampu menimbulkan minat belajar mandiri yang besar, kemudahan memperoleh informasi, meningkatkan keterampilan dan interaksi serta kualitas pembelajaran sehingga mendukung proses belajar-mengajar di sekolah.

Faktor Pengaruh
Sehingga peserta didik dapat berbagi materi ajar, berdiskusi dan mengerjakan tugas kelompok dengan efektif dan didampingi oleh guru. Pemanfaatan google drive dapat membantu guru menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangka. Guru dapat meng-upload materi ajar berupa video, lagu ataupun kuis online yang interaktif. Dengan begitu, para peserta didik dapat mengakses, Mengerjakan tugas dan berdiskusi langsung dengan peserta didik lainnya sehingga tercipta suasana belajar yang berbeda, menarik dan nyaman.

Alasan Dilakukan Penelitian
Untuk membiasakan para guru SMP dan SMA serta Peserta didik dalam menggunakan Could Stroge - Google Drive dalam dunia pendidikan, dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar di kelas  Serta dapat meningkatkan interaksi materi ajar, agar menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Variabel Dependen
Variabel Dependen dalam penelitian ini adalah Could Stroge - Google Drive. Yaitu sebagai media pembelajaran yang dipergunakan dengan baik.

Variabel Independen
Semua guru mata pelajaran di SMP dan SMA Yatama As-Syafi’iyah.

Langkah - langkah
1. Kondisi Awal, guru menyampaikan materi dan bahan ajar dengan media tradisional serta terbatasnya pengetahuan tentang TIK dikalangan guru khususnya tentang cloud storage sebagai media sharing file dan storage file atau dokumen.
2. Tindakan, memberikan pelatihan berbasis online dalam pengelolaan sharing dan storage file untuk media pembelajaran serta meningkatkan pemanfaatan interaksi materi bahan ajar menggunakan cloud storage dalam hal ini pemanfaatan google drive, google calendar, google docs,google sheet, google slide dan google hangout.
3. Kondisi Akhir, mengevaluasi hasil pelatihan yang diberikan yakni diduga dengan pemanfaatan cloud storage sebagai media online dapat meningkatkan motivasi dan pengembangan dalam penyampaian materi serta dapat mengaplikasikan dalam mengelola file-file baik filepribadi maupun file dari sumber lain (internet). Dalam hal ini, peran guru menjadi fasilitator dan mediator antara peserta didik dan ilmu pengetahuan yang diperlukan terselengara dengan baik dan efisien.

Hasil Penelitian
Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan tambahan wawasan dan bekal tentang pemanfaatan cloud storage-google drive sebagai media pembelajaran yang sejatinya sudah ter-install di handphone dan laptop para guru. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan ini sesuai dengan yang diharapkan dan tepat sasaran kepada guru-guru SMP dan SMA Yatama As-Syafi’iyah.

Kelebihan
Dengan adanya kegiatan ini, semoga kedepannya para guru dapat memanfaatkan secara maksimal cloud storage-google drive dan memudahkan guru-guru SMP dan SMA Yatama As-syafi’iyah dalam kegiatan belajar mengajar.

Kekurangan
Jaringan Internet di Indonesia atau wilayah tertentu yang masih kurang cepat, kuota internet yang mungkin tak semua orang dalam keadaan ada atau cukup untuk mengakses google drive.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Startup Indonesia

Biografi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

10 Startup di Indonesia